STUDY BANDING PERLUASAN DESA ANTI KORUPSI DARI KECAMATAN BAWANG

Program Desa Anti Korupsi merupakan program yang diinisiasi KPK bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan dan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sedari tahun 2021 lalu telah dicanangkan diberbagai wilayah di Indonesia.

WhatsApp Image 2023-07-19 at 12-52-59 

Melalui Program Desa Anti Korupsi itu sendiri, Desa Sijenggung terpilih sebagai desa percontohan di Kabupaten Banjarnegara yang mendasari adanya perluasan Desa Anti Korupsi. Dengan adanya dasar tersebut, maka beberapa desa di Kecamatan Bawang, Banjarnegara melaksanakan kunjungan ke Kantor Desa Sijenggung untuk melaksanakan riset atau yg sering kita kenal dengan istilah Study Banding. Setelah sebelumnya beberapa desa memilih untuk menghadirkan Bapak Kepala Desa dan Sekretaris Desa Sijenggung sebagai nara sumber di desa masing-masing. 

WhatsApp Image 2023-07-19 at 12-53-00 (1) 

Pada Kesempatan tersebut, Kepala Desa Sijenggung berkesempatan memberikan sambutan dan beberapa arahan terkait desa antikorupsi dan penerapannya dalam sistem pemerintahan yang sudah berjalan selama ini. Kemudian riset dilanjutkan dengan pemaparan terkait desa anti korupsi oleh Sekretaris Desa Sijenggung, Bapak Teguh Giana. Beliau menjelaskan mengenai tahapan-tahapan penyelesaian indikator desa anti korupsi yang meliputi 18 indikator pemenuhan yang wajib dilengkapi. 

 

 

Tulis Komentar