NGELIKAN SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENYAMPAIAN PEMILU SERENTAK BAGI WARGA MASYARAKAT DESA SIJENGGUNG

Budaya Ngelikan adalah pertunjukan kesenian rakyat atau sholawat jawa yang menggabungkan elemen-elemen seperti musik dengan lantunan islami dan kostum yang menarik serta merupakan salah satu warisan budaya di Desa Sijenggung yang saat ini sudah menjadi Budaya Lokal di kalangan masyarakat desa dan digandrungi oleh para penggiat adat dan budaya di Kabupaten Banjarnegara pada khususnya.

Hal tersebut dikarenakan Ngelikan adalah tradisi unik dan khas yang tidak hanya menghibur masyarakat, tetapi juga menjadi sarana yang efektif dalam proses penyampaian berbagai informasi kepada masyarakat melalui cara yang menghibur dan menyenangkan.

Melalui budaya Ngelikan tersebut banyak sekali informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Seperti yang kita ketahui bahwasanya Budaya Ngelikan juga mendukung budaya pencegahan tindakan anti korupsi dan penyampaian informasi lainnya seperti penyampaian informasi mengenai pesta pora pemilu dan mendukung terselenggaranya pemilu yang adil dan damai bagi masyarakat yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 lusa mendatang, serta masih banyak informasi lainnya yang ikut serta dituangkan dalam suguhan ngelikan yang dikemas dalam lirik-lirik ngelikan.

Dengan adanya penggunaan budaya ngelikan sebagai media informasi yang ada di Desa Sijenggung diharapkan para warga masyarakat mempunyai jiwa sosial yang tinggi terhadap perkembangan informasi yang ada.

Tulis Komentar