Visi dan Misi

VISI MISI

 

VISI

Visi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah pandangan atau wawasan ke depan. Visi pembangunan dalam RPJMDesa Tahun 2020-2025 merupakan visi Kepala Desa yang disampaikan pada saat proses pemilihan Kepala Desa. Visi yang telah ditetapkan oleh Kepala Desa terpilih tersebut adalah sebagai berikut:

 

Desa Sijenggung Yang Maju Guyub Rukun Mbangun Desa, Jujur, Adil, Sejahtera, Berbudaya dan Berakhlak Mulia”

 

Dalam menterjemahkan visi tersebut dilakukan melalui penjelasan pokok-pokok visi yang ada didalamnya, dimana terdapat  3 (tiga) pokok visi, yaitu:

  • Desa Sijenggung menjadi Desa yang Guyub Rukun Jujur dan Adil

Jujur menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah lurus hati, tidak berbohong, tidak curang dan tulus, dan ikhlas. Sedangkan Adil menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sama berat, tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, sepatutnya, dan tidak sewenang-wenang.

Dengan pokok visi ini diharapkan Pemerintah Desa dalam menjalankan tugasnya lurus hati, tidak berbohong, tidak curang dan tulus, dan ikhlas serta sama berat, tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, sepatutnya, dan tidak sewenang-wenang demi kepentingan warga Desa Sijenggung

  • Desa Sijenggung menjadi Desa yang Sejahtera,

Sejahtera menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah aman sentosa dan makmur, selamat (terlepas dari segala macam gangguan).

Dengan pokok visi ini diharapkan Pemerintah Desa dalam Mewujudkan sarana dan prasarana desa yang memadai dengan skala prioritas Desa siaga guna pelayanan kesehatan untuk mengurangi beban pengeluaran warga

 

  • Desa Sijenggung menjadi Desa yang Berbudaya dan Berakhlak Mulia

Berbudaya menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah mempunyai budaya, mempunyai pikiran dan akal yang sudah maju. Sedangkan Berakhlak Mulia adalah memiliki budi pekerti, kelakuan yang tinggi, terhormat, luhur, baik budi.

 

MISI

Mewujudkan pemerintahan desa yang adil, bersih dari korupsi, berwibawa dan mengedepankan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dengan Profesionalisme dan mengaktifkan seluruh perangkat Desa

Mewujudkan Transparansi, kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.

Mewujudkan sarana dan prasarana desa yang memadai dengan skala prioritas Desa siaga guna pelayanan kesehatan untuk mengurangi beban pengeluaran warga

Mewujudkan Desa Sijenggung yang Bersih, sehat dan meningkatkan sumber saya manusia dan perekonomian dan kesejahteraan warga desa.

Mewujudkan kehidupan desa secara dinamis dalam segi keagamaan dan kebudayaan.

Mewujudkan perkembangan kepemudaan, olahraga dan seni budaya dalam segala bidang.

 

Tulis Komentar